post image

Kenali Gejala Covid XBB Benarkah Tidak Terdeteksi Antigen?

Sudah ada sekitar 2 tahun virus covid melanda Indonesia, kasus terkonfirmasi masih bertambah sampai detik ini meskipun cenderung fluktuatif. Namun beberapa minggu terakhir beredar informasi bahwa ada dua sub varian omicron yakni XBB dan XBC yang disebut-sebut mampu lolos terhadap pengujian antigen jadi untuk mendeteksinya harus pakai PCR.

Namun, apakah informasi ini benar adanya?

Banyaknya kabar simpang siur membuat masyarakat merasa tidak tenang, sekaan-akan dibayangi oleh lonjakan kasus yang akhirnya berpikiran bahwa lockdown mungkin akan terjadi lagi.

Untuk memahami kebenaran dari berita ini maka perlu kita perhatikan pada pendapat para pakar kesehatan khususnya yang mengerti betul tentang perkembangan virus corona.

XBB Subvarian Omicron Tidak Lebih Parah Dari Delta

Dikutip dari berbagai sumber bahwa sub varian omicron ini memang berbahaya dan tidak boleh diremehkan, namun gejalanya tidak lebih buruk daripada varian Delta yang beberapa bulan sebelumnya sempat tersebar juga di Indonesia.

 Penyebarannya lebih cepat XBB dan XBC, gejalanya sangat umum sehingga tidak mengherankan banyak yang bertanya-tanya apa bedanya antara sakit flu biasa dengan terinfeksi virus yang satu ini.

Menurut informasi dari CDC (Center for Disease Control and Prevention) badan profesional di bidang medis penanganan covid USA mengatakan bahwa gejala dari infeksi virus subvarian XBB dan XBC yaitu sebagai berikut:

1.     Demam atau menggigil

2.     Batuk

3.     Sesak napas atau napas singkat

4.     Badan lemas dan mudah lelah

5.     Nyeri otot dan tubuh

6.     Sakit kepala

7.     Kehilangan indera perasa atau penciuman

8.     Sakit tenggorokan

9.     Pilek atau hidung tersumbat

10.  Mual atau muntah

11.  Diare.

Apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas dan sudah berlangsung beberapa hari sebaiknya segera lakukan tes antigen atau PCR untuk mengkonfirmasi apakah positif atau tidak supaya bisa segera dilakukan tindakan lebih lanjut.

Jenis Tes Apa yang Bisa Mendeteksi Covid XBB dan XBC?

Awal mula banyaknya masyarakat yang cemas dengan tersebarnya subvarian XBB dan XBC adalah pernyataan yang dimukakan oleh Departemen Kesehatan Filipina, mereka menyebut bahwa kedua infeksi subvarian tersebut tidak terdeteksi oleh antigen, penambahan lainnya deteksi virus hanya bisa dilakukan dengan melakukan pengerutan genom sampel RT-PCR.

Namun dari pihak Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Erlina Burhan tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Beliau mengatakan bahwa subvarian XBB dan XBC masih bisa terdeteksi oleh tes antigen dan PCR.

Baca juga: PCR atau Antigen Mana yang Tepat Deteksi Omicron?

Masyarakat diharapkan lebih teliti dalam memahami informasi, merupakan fakta bahwa saat ini virus corona masih ada dan kasus konfirmasi juga masih bertambah namun sebaiknya jangan terlalu dibuat cemas karena ini justru bisa menurunkan imun tubuh karena stres karena terlalu banyak memikirkan hal buruk.

Cara yang Dilakukan Untuk Mencegah Penularan Virus Covid XBB dan XBC

Lebih kurang anjurannya masih sama seperti pencegahan virus covid lainnya, Anda disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya.

1.     Rajin Mencuci Tangan Dengan Sabun

Telapak tangan kita menyentuh banyak permukaan benda dalam sehari. Mulai dari benda-benda di kantor, permukaan kamar mandi, dan lain sebagainya. Pastikan tangan tetap bersih usahakan untuk lebih rajin mencuci tangan dengan sabun.

2.     Tetap Gunakan Masker

Pakai masker tidak boleh kendor, meskipun Anda berada di dalam ruangan sebaiknya tetap antisipasi gunakan masker untuk meminimalisir penyebaran virus. Terutama jika Anda sedang dalam keadaan sakit, ini adalah hal yang utama masker harus dipakai.

3.     Jaga Jarak Lagi

Saat pemerintah memprediksi lonjakan kasus maka Anda harus langsung siaga, batasi kontak fisik terapkan kembali sistem jaga jarak baik itu di tempat kerja atau di tempat umum.

4.     Istirahat Cukup dan Hindari Stress

Jangan terlalu keras dengan diri sendiri, pastikan Anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup dalam sehari. Tidur dianjurkan jangan terlalu larut, hindari pikiran-pikiran negatif yang membuat stress karena ini akan membuat kondisi tubuh Anda memburuk.

Sempatkan waktu untuk berolahraga meskipun hanya sekadar senam di rumah atau naik turun tangga beberapa kali, pastikan tubuh tetap fit dan bugar jangan lupa untuk berjemur di bawah sinar matahari antara jam 8-9 pagi.

Merasa Bergejala? Panggil Swab Home Service Sekarang!

Jika Anda merasa mengalami gejala covid XBB atau XBC segeralah memanggil layanan swab home service, misalnya berlokasi di Jakarta bisa panggil swab antigen dan pcr kemang.

Kenapa swab home service?

Karena pastinya lebih cepat, mudah, dan nyaman tidak perlu datang ke klinik atau rumah sakit. Pelayanan profesional standar Kemenkes juga. Salah satu pelopor swab di rumah adalah Swab Express Indonesia, kami bersedia datang ke rumah untuk menyediakan layanan tes covid yang Anda butuhkan.

Hasil antigen keluar dalam waktu 15 menit, PCR 12 jam saja. Informasi lebih lanjut langsung Whatsapp admin ya.